Minggu, 31 Mei 2009

BELAJAR MENJADI PEMIMPIN

Seorang pemimpin harus memiliki visi pribadi yang jelas sehingga dapat dijadikan inspirasi oleh orang yang dipimpinnya. Para pemimpin yang efektif pastilah menjadikan personal vision (visi pribadi) yang dimilikinya menjadi shared vision (visi bersama) dalam organisasi yang dipimpinnya. Contohnya adalah para pemimpin besar dunia seperti Jenderal Sudirman, Mahatma Gandi, dan Nelson Mandella. Di bidang kesehatan reproduksi kita mengenal banyak nama leader diantaranya Margareth Sanger, Maria Stopes, dan Francis Place.

Visi adalah apa-apa yang kita pikirkan, impikan dan harapkan. Visi bersumber dari proses keinginan kuat yang ada dalam diri kita untuk berbuat sesuatu. Jika dikaitkan dengan kesehatan reproduksi, maka visi bisa dimaknai dengan apa yang ingin kita tuju dalam kesehatan reproduksi.

Personal vision merupakan langkah awal dalam skematik visi bersama (shared vision). Visi pribadi ini selanjutnya dikomunikasikan pada tim di organisasi sehingga menjadi Shared Vision/visi bersama. Visi bersama adalah suatu uraian atau gambaran jelas mengenai masa depan yang yang ingin dicapai atau diciptakan oleh semua stakeholder, atau sebuah kesepakatan masa depan dimana setiap anggota organisasi bersedia berkorban untuk mencapainya.

Para pahlawan di bidang kesehatan reproduksi diatas adalah orang-orang yang berada dalam suatu keadaan yang tidak menyenangkan sebagai suatu realita kehidupan, kemudian menjadikan mereka lebih kreatif untuk mengatasi masalah yang ada dan terus konsisten memperjuangkan serta mengembangkan visi pribadi yang telah menjadi visi bersama bagi para pekerja dan pemberi layanan kesehatan. Visi pribadi mereka telah menginspirasi banyak orang, bahkah hingga kini

Visi bersama dibangun dari visi pribadi. Visi pribadi lahir dari pemahaman yang dalam pada setiap pribadi. Dibutuhkan pemahaman terhadap realita yang ada dengan sumber yang mendukung. Pada umumnya orang bertindak dari hal yang paling gampang dilaksanakan, dan dalam tujuan tujuan jangka pendek (hanya memecahkan masalah sesaat). Visi tidak sama dengan tujuan jangka panjang. Seorang leader harus memiliki visi jangka panjang. Apa yang perlu dikerjakan sekarang, untuk mencapai sasaran jangka pendek yang bermakna dalam rangka pencapaian sasaran jangka panjang secara bertahap dan berkesinambungan. Hal itulah yang membedakan para pahlawan tadi, dengan para pekerja kesehatan lainnya.