Minggu, 12 Desember 2010

MALARIA DALAM KEHAMILAN (Bag II : Penanganan dalam Kehamilan)

Infeksi malaria P. falciparum pada ibu hamil dalam trimester pertama kehamilan harus dirawat dengan quinine (Kina). Setelah trimester II kehamilan maka ACT (amodiaquine dan artesunat) akan digunakan untuk perawatan malaria.

Kombinasi artesunat-amodiaquin, mekanisme kerjanya dapat meningkatkan efikasi, memperlambat resistensi, dapat membunuh parasit dengan konsentrasi yang tinggi dan menurunkan penyebaran malaria. Terapi Terkini Malaria Falciparum menggunakan terapi "artemisinin combination therapy (ACT)". Pedoman pengobatan malaria falciparum pada ibu hamil dapat dilihat sbb:


Pengobatan malaria falciparum pada kehamilan Trimester II dan III

Hari

Jenis obat

Jumlah tablet per hari



40-60 kg

> 60 kg

H 1

Artesunat

3

4

Amodiaquine

3

4

H 2

Artesunat

3

4

Amodiaquine

3

4

H 3

Artesunat

3

4

Amodiaquine

3

4

Sumber: Kebijakan penanganan malaria pada ibu hamil di daerah endemis (Depkes. RI, 2009)

Penggunaan obat-obat yang terdaftar sebagai antimalaria sudah diatur dan dibakukan oleh Departemen Kesehatan sesuai dengan daerah dan sensitivitas Plasmodium falciparum terhadap obat-obat antimalaria. Artemisinin dipilih sebagai terapi kombinasi malaria yang sangat penting saat ini karena kemampuan menurunkan parasitemia 10 kali lebih cepat daripada obat-obat antimalaria lainnya: mempunyai efek samping yang minimal, tidak ditemukan adanya efek toksis, terabsorbsi cepat secara oral, dapat diberi secara intravena dan intramuscular dengan dosis pemberian dua kali sehari; dapat mengurangi karier gametosit pada manusia.

Walau telah tersedia obat pilihan namun dalam penanganan malaria, kesulitan tidak hanya diawali dengan mendapatkan kepastian diagnosis dini tetapi juga sering diakhiri dengan kegagalan pengobatan. Kegagalan pengobatan selain karena keterlambatan mendapat pengobatan, juga karena ketidaktepatan regimen dan dosis obat yang diberikan, serta kepatuhan penderita yang kurang memperhatikan pola minum obat antimalaria.\