Rabu, 27 April 2011

Cara Allah Menghindarkan Kita dari Takdir Buruk

Tadi subuh di “Nikmatnya Sedekah” Ustads Yusuf bercerita pada jamaah tentang cerita pak Fulan yang mengalami tabrakan. Kata Ustadz, sebelumnya beliau sudah ijin kepada pak Fulan untuk share ceritanya pak Fulan ini, sebagai testimoni biar jadi ibroh buat jamaah lainnya.

Suatu hari Pak Fulan naik motor. Ketika diperjalanan muncul getaran hati (keretek hati istilah ustadz Yusuf) untuk bersedekah pada seseorang. Beberapa saat kemudian muncul tolakan hati untuk tidak melakukan hal tersebut, sehingga Pak Fulan kemudian menimbang-nimbang. Akhirnya muncul jalan tengah bahwa sedekahnya tetap dilakukan tapi nunggu sebentar dulu (jadi niat sedekahnya tidak dibatalkan hanya ditunda). Tempat orang yang akan disedekahi itu jalannya lurus saja, namun karena pak Fulan berencana menunaikan sedekah tidak saat itu maka dia berbelok untuk urusan lain. Di daerah beloka itulah kemudian pak Fulan tertabrak. Pak Fulan bertemu ustadz Yusuf saat lengannya masih di gips dan mengatakan “ini nih, gara-gara nunda sedekah, hehe”...

Wuiii,... kok rada mirip seperti kejadian yang baru kualami ya...

Gini ceritanya,..

Hari itu aku buru-buru banget karena waktu sudah menunjukkan hampir jam 8 pagi... Injury Time!!!.... Di daerah UGM, antara FOOD COURT dan KOPMA aku melihat seorang nenek dengan pakaian seperti layaknya pengemis. Hatiku saat itu tergerak untuk memberikan sejumlah uang kepada beliau. Soalnya kemaren aku baru saja dapat pencairan dana bantuan penelitian. Sambil berfikir dan menimbang-nimbang, aku terus memacu motor, memilih antara mau berhenti atau tidak. Ada bagian hatiku yang berkeras untuk berhenti, namun bagian hatiku yang lain dengan “lembut” melemahkan,...

“Masih bisa nanti, masih banyak pengemis yang lain... Ini sudah telat,...”

“ Sebentar saja, .. Putar balik dulu... memang lain kali bisa ketemu nenek itu lagi..?”

“Kemaren sudah dipesan, datangnya agak pagi,... Ini sudah mau telat... Lagipula, itu daerah rame,.. Nanti dikira apaan,... ngasih uang pada tempat rame begitu”

“Amal itu kan boleh saja terlihat, yang penting tidak riya. Ayolah,..belok sebentar saja ,... Paling juga 5 menit.”

“Ini hari pertama, masak telat... Memberi kesan jelek.. “

“Gakpapa lah 5 menit ini, kalo ngebut dikit juga ontime kok”

“Ini sudah jauh banget kalo mau belok.. Lagian lain kali juga bisa,... Atau nanti pas sholat Dzuhur, masukin di kotak amal, kan sama saja..”

Hmm,. .. bener juga sih. Ini sudah jauh, sudah tikungan mau belok ke Sardjito. Lagian kalo ngisi di masjid malah lebih tepat sasaran,..

Well,... dia menang dan aku melaju terus..

Hari itu berjalan mulus, ... sampai menjelang magrib ketika salah seorang teman complain karena menghubungi nomorku tapi tidak diangkat-angkat... Huaaaaaa... HPku gak ada... Kuobrak abrik semua tas,.. juga kutelusuri sepanjang tempat-tempat yag kusinggahi termasuk WC kantor dan tempat makan siang. NIHIL...!!!!

Innalillah,...

Malam hari, sambil berintrospeksi kurenungi kejadian hari ini. Dan akhirnya aku terhenti pada kejadian tadi pagi, saat kuabaikan bisikan-Nya di hatiku...

Ampuni aku Allah,.. ini bukan masalah hp, tapi masalah pengabaian cinta-Mu..

Ampuni aku Allah, ini sama sekali bukan karena harga hp, tapi karena di hp itulah satu-satunya kenangan percakapanku dengan mamaku almarhumah tersimpan,..

Ampuni aku Allah,... Kumohon tetaplah menjagaku, meski hari ini aku menutupi telingaku dari bisikan kasih-Mu

Dan jika Kau ijinkan aku menyimpan kenangan indahku dengan mama, maka kumohon Kau kembalikan benda itu padaku...

Kemaren sore salah seorang mahasiswa menemuiku dan bercerita bahwa saat dia mencoba menelpon, ternyata yang mengangkat adalah seorang ibu. Katanya hp itu ketinggalan di kantin tempatku makan, dan oleh pemilik kantin, hp tersebut disuruh ambil,... Alhamdulillah... Yah, meskipun hpku ternyata jadi agak acak adul dan beberapa keypadnya copot,.. (hiks,... padahal chasing ori Sony Erickson mesti pesan dulu kalau mau beli...). Tadi bu kantin juga minta maaf karena katanya hp itu sudah diutak atik anaknya dibuat mainan (mungkin masih balita ya, jadi difikirnya mobil-mobilan kali ...), juga buat foto-foto (latihan jadi seleb,...) dan ada beberapa content yang katanya dihapus..

Setelah ku check hpku, baru aku sadar bahwa ternyata anak ibu itu bukan balita,... Soalnya pintar mengutak-atik setting, juga menghapus seluruh foto dan beberapa file, ... Dan isi sms terkirim selama 5 hari (selama hpo ini tidak ditanganku) ternyata bernada dewasa,.. Syukurnya tidak ada nada jorok di pesan terkirim itu,.. kalau tidak, wah berabe... Kan pakai nomorku...

Tetapi lebih dari semua itu, yang paling menyedihkanku adalah seluruh isi file item tersimpan dihapus. Padahal file itu menyimpan seluruh sms mamaku dan beberapa sms yang sangat penting..

Innalillah, Ya Allah...

Innalillah, Ya Robb..

Innalillah...

~~~~~~~~ 0000 ~~~~~~~~

Di ending cerita, ustadz Yusuf nanya ke jamaah... ‘Emang Allah jahat ya,.. koq cuma menunda sedekah ditabrakin....

Tidak... Kecelakaan itu sudah ada dalam takdir kita, sudah tertulis di dalam buku perjalanan hidup kita, jauh sebelumkita dilahirkan. Tapi, kita kan minta pada Allah minimal 17 kali sehari... IHDINASHSHIROTHOL MUSTAQIEM.. Tunjukilah kami jalan yang lurus...

Petunjuk dari Allah saat itu muncul dalam bentuk getaran hari untuk bersedekah. Seandainya pak Fulan menuruti keretekan hatinya untuk bersedekah segera saat itu, kan jalannya ke arah yang satunya karena menuju rumah orang yang bakalan diberi sedekah.. gak belok jalan itu,.. jadi tabrakannya tidak terjadi..kan, Allah Maha Berkuasa menghindarkan kita dari takdir buruk, ...

Di kasusku, mungkin seandainya aku berhenti sebentar, kemuadian memberikan sesuatu yang mungkin adalah hak nenek itu (yang diberikan lewat aku), mungkin kejadian ini tidak akan terjadi. Dan mungkin aku tidak akan kehilangan percakapanku dengan ibuku, di beberapa waktu terakhirnya,....

Ampuni aku, Tuhanku...

Minggu, 24 April 2011

FOR HEAVEN'S SAKE, MY HEART!

For heaven's sake, my heart, keep secret your love,
and hide the secret from those you see
and you will have better fortune.
He who reveals secrets is considered a fool;
silence and secrecy are much better for him
who falls in love.

For heaven's sake, my heart, if someone asks,
"What has happened?" do not answer.
If you are asked, "Who is she?"
Say she in love with another.
And pretend that it is of no consequence

For heaven's sake, my love, conceal your passions;
your sickness is also your medicine because love
to the soul is as wine in a glass

what you see is liquid, what is hidden is its spirit.
For heaven's sake, my heart, conceal your troubles;
then, should the seas roar and the skies fall,
you will be safe.

(KAHLIL GIBRAN)

Selasa, 12 April 2011

Metode Skrining Kanker Serviks

Sebuah metode skrining harus mempunyai syarat-syarat tertentu yaitu akurat, tidak mahal, mudah dilakukan dan ditindaklanjuti, dapat diterima serta aman.
Ada beberapa jenis metode skrining kanker serviks yang ada saat ini.

a. Metode skrining sitologi

1). Conventional Pap Smear

Metode ini menggunakan sampel yang diambil dari zona transformasi serviks dengan menggunakan ujung spatula kayu atau sikat. Kemudian dioleskan pada slide kaca dan segera difiksasi dengan larutan untuk mengawetkan sel. Lalu slide diperiksa dibawah mikroskop untuk menentukan apakah sel normal atau tidak.


2). Liquid-based cytology (LBC)

Pengujian Sitologi berbasis cairan (Liquid Based Cytology) adalah teknik baru yang menyediakan lapisan tipis sel serviks tanpa jaringan. Tes ini lebih mahal dari sitologi konvensional dan memerlukan staf laboratorium terlatih.

Keuntungan dari metode ini dibandingkan metode konvensional adalah: (a) spesimen yang diperoleh lebih representative dengan negative palsu yang lebih rendah; (b) spesimen yang tidak memuaskan hanya sedikit; (c) membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk interpretasi hasil sehingga peningkatan efisiensi waktu dan biaya; (d) bahan yang ada dapat juga digunakan untuk uji DNA HPV. (ACCP, 2004).


b. Metode HPV DNA

Tes HPV DNA termasuk tes yang baru. Saat ini tes tersebut sudah tersedia. Fungsinya sama seperti tes skrining yang sebelumnya. Tes HPV DNA dapat menentukan satu atau lebih virus HPV risiko tinggi dari spesimen leher rahim. Spesimen dari leher rahim dapat diambil oleh provider atau perempuan itu sendiri dengan menggunakan swab ke dalam vagina, namun hapusan yang diambil sendiri kurang sensitive dibandingkan dengan yang diambil provider. Tes ini memerlukan tenaga yang berpengalaman dan perlengkapan laboratorium yang lengkap dan mahal. Mengingat biaya, teknik dan persyaratan infrastruktur yang mahal tes ini sulit untuk diterapkan secara luas.


c. Metode Visual

Saat ini telah dikembangkan tes yang murah dan baik serta terjangkau untuk situasi dan sumber yang minim. Ada dua jenis tes yaitu Visual Inspection with Acetic Acid (VIA) dan Visual Inspection with Lugol’s Iodine (VILI). Keduanya sama-sama mengandalkan visual atau penglihatan setelah mengoleskan larutan tertentu.

Tes VIA menggunakan larutan asam asetat (asam cuka) 3%-5% untuk mendapatkan perubahan warna pada daerah leher rahim. Lesi prakanker akan tampak berwarna putih khas (disebut acetowhite) setelah dioleskan dengan asam asetat menggunakan kapas aplikator. Hasil akan langsung didapat dan jika ditemukan lesi prakanker positif dapat dilanjutkan dengan pengobatan.

Tes VILI menggunakan larutan Lugol’s iodine. Setelah pewarnaan dengan yodium lugol pada serviks akan tampak warna coklat mahoni yang berarti negative dan lesi prakanker akan berwarna kuning. Karena tidak menggunakan layanan laboratorium, VIA dan VILI menjadi alternatif saat sumber daya terbatas (ACCP, 2004).


(My award to 'ka Adri Idiana, lecturer at Poltekkes Kemenkes Nanggro Aceh Darussalam)