Selasa, 14 Juni 2011

Pemantauan Pertumbuhan pada Bayi BBLR

Pertumbuhan merupakan indikator penting dalam menilai status kesehatan anak, karena dapat mempengaruhi kualitas hidup anak. Oleh sebab itu pertumbuhan perlu dipantau secara berkala dan berkesinambungan. Pemeriksaan dan pengukuran dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu secara klinis dilakukan dalam pelayanan medis maupun secara antropometri.

Pemeriksaan secara klinis untuk membuat diagnosis klinis ditegakkan berdasarkan anamnesis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang meliputi: pemeriksaan laboratorium, radiologi dan antropometri (Pusponegoro et al., 2004).

Untuk ukuran antropometri yang paling sering digunakan menilai pertumbuhan fisik anak dapat dibagi menjadi dua kelompok tergantung umur penilaian pada umur (age dependent) dan tidak tergantung umur . Panjang/tinggi badan (TB) terhadap umur, lingkar kepala (LK) terhadap umur dan lingkar lengan atas (LLA) terhdap umur. Sedangkan penilaian antropometri yang tidak tergantung umur terdiri dari berat badan terhadap tinggi badan, lingkar lengan atas terhadap tinggi badan lain-lain seperti lingkar lengan atas dibandingkan standar, lipatan kulit pada trisep, subkapular, abdominal dibandingkan standar/baku (Soetjiningsih, 1995)

Pemeriksaan secara klinis untuk membuat diagnosis klinis ditegakkan berdasarkan anamnesis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang meliputi: pemeriksaan laboratorium, radiologi dan antropometri (Pusponegoro et al., 2004).

Jenis pertumbuhan sendiri dibagi menjadi dua yaitu pertumbuhan linier dan massa jaringan. Petumbuhan linier berhubungan dengan ukuran panjang, misalnya ukuran panjang badan, lingkar dada dan lingkar kepala. Ukuran linier yang paling sering digunakan ialah tinggi/panjang badan dan berat badan. Ukuran linier yang rendah menunjukkan keadaan kekurangan gizi dan masa lalu (Gibson, 1990).

Pola pertumbuhan pada bayi preterem, berat badan akan menurun pada minggu pertama kehidupan 10 – 15 % (5 – 10%), dan akan naik lagi dalam 10 - 12 hari. Penambahan berat badan kira –kira 4 – 8 ons/ minggu dan panjang badan kira- kira I -1.5 inchi / bulan kira- kira 10 inchi dalam 12 bulan. Sebagian besar bayi akan mencapai berat badannya 2 x berat badan pada usia 6 bulan, 3 x berat badan pada usia 9- 12 bulan. Sampai usia 20 bulan 76 – 82 % BBLSR menunjukkan pertumbuhan normal sesuai usia kronologis.