Minggu, 28 Agustus 2011

BINGKA INTALU (BINGKA TELUR)

Bahan: (1) Telur ayam : santan kental: gula pasir = 1:1:1 (artinya jika telur= 1 cup, maka santan & gula juga @ 1 cup); (2) sedikit garam; (3) pandan pasta secukupnya.

Cara membuat : (1) Kocok gula dan telur hingga larut (tidak perlu hingga mengembang), (2) Masukkan santan, garam dan pandan pasta; (3) Kukus dalam loyang yang telah diolesi minyak goreng hingga matang.

Note: Tekstur kue ini sangat lembut (pecah di ilat). Untuk mendapatkan tekstur yang lebih keras, bisa ditambahkan 1-2 sdm tepung terigu.

Rabu, 24 Agustus 2011

BINGKA TAPAI

(1) BINGKA TAPAI KENTANG (BANJAR)


Bahan: 5 butir telur bebek; 125 gram gula pasir; 200 gram kentang kukus+dihaluskan selagi panas; 100 gram tape singkong, dihaluskan; 50 gram tepung beras; 50 gram tepung terigu; 1/4 sdt vanili bubuk; 1/2sdth garam; 100 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa (didihkan+dinginkan); 1/2 sendok makan wijen untuk taburan
Cara: (1) Kocok telur dan gula sampai gula hancur; (2) Tambahkan kentang kukus, tape singkong, tepung beras, tepung terigu, vanili bubuk, garam, dan santan. Kocok rata dengan kecepatan rendah; (3)Tuang ke dalam loyang bulat diameter 18 cm bentuk kembang tinggi 6 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti; (4) Bakar di oven 60 menit dengan suhu 160 derajat C / sampai matang.


Bahan: 4 butir telur; 150 gram gula merah, sisir; 300 gram tape singkong, haluskan; 50 gram tepung terigu; 200 ml santan dari 1 butir kelapa, rebus bersama 1/4 sendok teh garam; 25 gram kenari cincang.
Cara: (1) Haluskan tape, tambahkan tepung terigu, aduk rata;(2) Masukkan santan, aduk rata, sisihkan; (3) Kocok telur+gula sampai larut, tuang ke campuran tapai, aduk rata; (4)Tuang ke loyang 20 x 20 x 4 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti; Panggang pada suhu160 derajat Celsius 20 menit (setengah matang), taburi kenari cincang; (5)Panggang lagi 25 menit sampai matang.

Minggu, 14 Agustus 2011

BEBONGKO

Bikinnya sih mudah, cuma karena mesti dibungkus dengan daun pisang, jadi kalo di Banjar atau Martapura, mending beli deh. Cuman, di Jogja beli dimana???


Bahan : 300 gram tepung beras; 700 ml santan;80 gram gula pasir; 1 sdt garam; 2 lembar daun; panda; 200ml santan kental;100 gram gula merah; Daun pisang yang sudah dilayukan dan lidi untuk membungkus.

Cara Membuat : (1). Campurkan tepung beras dengan 300 ml santan, sisihkan; (2). Campurkan 600 ml santan dengan gula pasir, garam dan daun pandan, rebus hingga mendidih; (3). Masukkan larutan tepung beras ke santan mendidih, aduk hingga meletup-letup; (4). Taruh 3 sdm adonan pada daun pisang, isikan gula merah didalamnya, tutup dengan adonan lagi, berikan santan kental, semat dengan lidi bentuk tum; (5). Kukus hingga matang.

(2) BEBONGKO PISANG

Bahan : 1 sisir pisang talas (bisa diganti pisang raja) diiris sesuai selera; 2 cangkir tepung beras sudah diayak; 1/2 cangkir tepung kanji sudah diayak; 1/2 cangkir gula pasir; 1 sdt garam; 4 cangkir santan hangat kuku (jangan terlalu encer agar lebih gurih); 2 cangkir santan kental+1/2 cangkir tepung beras (diaduk rata); daun pisang yang sudah dilayukan dan lidi untuk membungkus .

Cara Membuat: (1). Campur tepung beras, kanji, gula pasir, garam, tambahkan perlahan santan hangat sambil diaduk hingga rata, sisihkan; (2). Siapkan campuran santan kental+tepung beras dan pisang , sisihkan; (3). Ambil sepotong daun pisang yang cukup lebar, bentuk segitiga ( seperti kalau kita mau membungkus nasi), letakkan didalam gelas cangkir (agar lebih mudah mengisinya, karena adonannya cair sekali), isi dengan adonan (1) dan 1-2 potong pisang, tambahkan adonan (2); (4). Bungkus dengan rapi, kukus dalam dandang 15 menit.

Jumat, 12 Agustus 2011

BINGKA WALUH

Gara-gara kemaren liat Chep Master Vindex dan Agus mbikin Bingka Waluh, seharian ini terbayang-bayang terus itu kue. Padahal di Jogja ini nyari dimana coba? Akhirnya ya sudahlah, aku bikin sendiri saja dengan alat seadanya (soalnya segala perkakas dapur termasuk oven sudah ku export ke rumahku di Sekumpul, Martapura,.. Pede tingkat tinggi, mau pulkam selamanya).

Bahan:
santan kanil 300 cc; telur bebek 3 butir; gula pasir 150 gr; tepung 3 sdm; mentega cair 50 gr; labu kuning 200 gr

Cara Pembuatan:
(1) kukus labu kuning; (2) campur semua bahan+aduk rata; (3) masukan cetakan lalu oven selama 45 menit.

Tapi karena gak punya oven, akhirnya kukukus saja di magic com-ku sekitar setengah jam. Yah, lumayan juga sih, jadi obat rindu, meskipun hasilnya tentu saja tidak secantik bikinan chep master. Alhamdulillah,...