Minggu, 04 September 2011

BINGKA KENTANG

Ada beberapa variasi jumlah dalam komposisi bahan bingka kentang, tergantung seberapa besar kue yang diinginkan.


(1) BINGKA KENTANG (BAKAR)

Ini adalah pembuatan bingka yang lazim dilakukan.

Bahannya: Gula pasir = 250 gram,Telor ayam = 3 buah, Tepung trigu = 75 gram, Daun pandan = 1 lembar, Santan = 1 liter atau 1000 mili liter, Vanili setengah sdt, Garam = setengah sdt, Kentang yang sudah direbus+dikupas+dilunakkan = 250 gram.

Cara memasaknya: (1) Santan direbus di api kecil bersama dengan garam, daun pandan dan panili sampai mendidih lalu angkat, saring dan dinginkan. Santan yang tersisa usahakan sekitar 600 ml; (2) Gula pasir dan telur ayam dikocok-kocok hingga setengah mengembang; (3) Masukkan kentang yang dilumat ke dalamnya beserta terigu lalu diaduk hingga rata; (4) masukkan santan, aduk rata; (5) Keluarkan cetakan yang sudah dilumuri oleh mentega di alasi kertas roti; (6) Tuangkan adonan dan masukkan ke dalam oven, dipanggang pada suhu 180°C selama 30 menit.


(2)BINGKA KUKUS

Bahan: 5 butir telur ayam, 200 gr gula pasir, 250 cc santan kental dari 1/2 butir kelapa (telah direbus sampai matang lalu dinginkan), kentang yang sudah direbus+dikupas+dilunakkan = 250 gram, 125 cc air daun suji, 1 sdt garam, 1 sdt vanili.

Cara : (a) Kocok telur dan gula sampai gula larut, campurkan kentang; (b) Tuangkan santan kental dan garam, aduk sampai rata; (c) Olesi loyang kue bingka dengan margarine/minyak lalu kukus sampai panas; (d) Tuangkan adonan bingka ke dalam loyang dan kukus selama 25 menit sampai kue matang; (e) Dinginkan dan keluarkan dari loyang.