Jumat, 30 September 2011

Doa Ibu untuk Calon Anaknya

Ibnu Katsir ra meriwayatkan dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda:

مَا مِن مَوْلُودٍ يُولَدُ إلا مَسَّه الشَّيْطَانُ حِينَ يُولَدُ، فَيَسْتَهِلّ صَارخًا مِنْ مَسِّهِ إيَّاهُ، إلا مَرْيَم َوابْنَهَا”. ثم يقول أبو هريرة: اقرأوا إن شئتم: { وَإِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ }

“Tidak ada diantara bayi yang lahir kecuali syaithon akan menyentuhnya saat dilahirkan, kemudian bayi itu akan menangis karenanya, kecuali Maryam dan anaknya (Isa bin Maryam)”, kemudian Abu Hurairah berkata “Bacalah jika kalian menghendaki (Surat Ali Imron : 36). (HR Bukhori dan Muslim).

Surah Ali Imraon: 36 adalah doa yang dipanjatkan oleh Hannah binti Faqudh (ibundanya Maryam) untuk Maryam ra. Doa tersebut diabadikan Allah swt dalam Al Qur'an sbb:

وَإِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

wa inni u'iyduha bika wa dzurriyatiha minasy syaythoonirroziim

….. dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari syaitan yang terkutuk.” (QS. Ali Imron : 36).

Allah swt mengabulkan permohonannya, dengan menjaga Maryam kecil tumbuh berkembang sempurna, menyerahkannya pada pengasuh terbaik (saudara ibundanya Maryam - yaitu Nabi Zakaria as), menjadikannya seorang yang cerdas dan ahli ibadah, memuliakannya dengan memberikan makanan dari langit, serta memberikan Maryam keturunan yang mulia (Nabiullah Isa as).