Rabu, 14 September 2011

MANDAI,.. oh MANDAI

Entah sudah berapa lama aku tidak mencicipi makanan itu, mungkin sudah 10 tahun atau lebih barangkali. Tiba-tiba hari ini "lidahku" teringat rasanya. Apa mungkin ini karena efek diet ya,.. (tepatnya rencana mau diet sih,..). Setelah searcing sana sini, akhirnya ketemu juga. Yah, meskipun ini bukan ORI, tapi lumayanlah menyebabkan mataku kenyang. Mudah-mudahan, kepulanganku selanjutnya ke Banjar sukses makan makanan ini.

Cara bikin Mandai (atau ada yang menyebutnya DAMI), sebenarnya gampang banget. Kulit cempedak dibersihkan dari kulit luarnya (yang berduri-duri itu), lalu dipotong sesuai selera (jangan terlalu kecil). Cuci bersih, rendam dengan air garam pada tempat tertutup. Rendaman paling cepat 3 hari baru siap diolah (kalo makin lama rasanya makin enak, asal jangan terlalu lama aja).


Bahan : Mandai di potong kecil-kecil.

Bumbu : Bawang merah; Bawang butih; Cabe rawit; Cabe keriting;Cabe hijau; Tomat; Saos Tiram; Kecap Manis; Minyak goreng; (kalo ada yang suka terasi, boleh dimasukkan)

Cara membuat : (1) Panaskan minyak tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, setelah itu masukan cabe, tomat dan terasi; (2) Masukan mandai yang telah dipotong kecil, aduk-aduk lalu masukan saos tiram dan kecap manis; (3) Jika dirasa kurang asin dapat ditambah garam (karena mandainya sendiri terkadang sudah asin karena direndam dengan air garam).