Kamis, 31 Desember 2009

HAMBATAN PELAKSANAAN KIE HIV/AIDS DALAM PELAYANAN ANC OLEH BIDAN DI PUSKESMAS KOTA YOGYAKARTA



HAMBATAN PELAKSANAAN KIE HIV/AIDS DALAM PELAYANAN ANC OLEH BIDAN DI PUSKESMAS KOTA YOGYAKARTA


INTISARI
Latar Belakang: Indonesia sudah masuk ke tingkat epidemi terkonsentrasi sejak tahun 2000 yaitu pada kelompok yang beresiko tinggi, prevalensi HIV/AIDS melebihi 5%. Kota Yogyakarta adalah salah satu daerah yang masuk ke dalam program akselerasi dari 105 kabupaten/kota di Indonesia dan telah menyediakan layanan tes HIV di tingkat puskesmas. KPA Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)  2009 melaporkan  sejak tahun 2003-2008 di DIY ada 23 anak dengan poisitif HIV, tahun 2005-2008 tercatat ibu hamil dan melahirkan positif HIV 10 orang. PMTCT diintegrasikan dengan paket pelayanan KIA dan KB sehingga bidan di tiap puskesmas mendapatkan sosialisasi tentang PMTCT, sebagai wujud mencegah penularan, diharapkan ikut memberikan andil dengan pemberian KIE terhadap perempuan yang datang ke tempat pelayanan kesehatan, namun hal ini belum bisa terlaksana.
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat KIE tentang HIV/AIDS pada pelayanan ANC oleh bidan dalam mendukung program PMTCT di puskesmas kota Yogyakarta.
Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan field research. Lokasi penelitian diambil di 13 puskesmas yang ada di kota Yogyakarta, responen utama adalah  bidan di pelayanan KIA rawat jalan, tiap puskesmas diambil satu bidan yang telah mendapatkan sosialisasi maupun pelatihan tentang program PMTCT dengan in-depth interview. Responden tambahan yaitu penentu kebijakan dan klien. Analisis data menggunakan content analysis sedangkan pemeriksaan keabsahan data dengan metode triangulasi metode dan sumber.
Hasil: Hasil in-depth interview didapatkan delapan kategori tema sebagai faktor penghambat.
Kesimpulan: Delapan faktor  penghambat KIE tentang HIV/AIDS yaitu sumber daya manusia, pengetahuan responden, sarana dan prasarana, waktu pelayanan, masalah kultural, kebijakan dan prosedur dari puskesmas, kekhawatiran berkurangnya kunjungan pasien dan latar belakang pendidikan pasien.

Kata Kunci: PMTCT, Puskesmas, KIE, ANC, HIV/AIDS.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------
1Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta.
 2RSUD Imanuddin Pangkalanbun